10 Mei 2011

Latex

Latex adalah sebuah bahasa pemrograman untuk membuat dokumen. Biasanya latex digunakan oleh para matematikawan, insinyur, akademis dan profesional lainnya. Dalam pembuatan dokumen latex, sebuah dokumen tidak secara instan apa yang kita ketik maka akan langsung keluar seperti apa yang kita ketik. Tidak seperti aplikasi pengolah kata semisal Ms. Office ataupun Open Office. Di latex kita harus membuat kode-kode secara terperinci dalam pembuatan sebuah dokumen latex.
Sebelum membuat dokumen latex kita diWAJIBkan untuk menginstall beberapa aplikasi untuk mendukung dalam proses pembuatan dokumen, diantaranya :

  1. Paket miktex. Download saja paket mixtex yang terbaru.
  2. Install paket ghostscript.
  3. Install aplikasi untuk membuat dokumen latex. Seperti winedtLED, dan lainnya. Namun ini bersifat optional. Karena saya lebih sering memakai editor yang sudah disediakan dari paket mixtex sendiri (TexWorks).
Jika semuanya sudah siap, maka sekarang saatnya pembuatan dokumen latex. Tapi tunggu, karena dipostingan ini saya tidak akan memberi tahu bagaimana membuat dokumen latex. Disini saya hanya lebih mengenalkan apa itu latex sendiri.
Dokumen latex diawali dengan 
\begin{document}
           .......................................
           .......................................
\end{document} 
  Cukup sekian postingan saya untuk sekarang. Dipostingan selanjutnya saya akan membagi bagaimana cara membuat sebuah dokumen latex.

Tidak ada komentar: