E-COMMERCE
Perdagangan melalui Jaringan Elektronik
PENDAHULUAN
Dewasa ini jaringan elektronik seperti internet tidak hanya digunakan sebagai media pencari informasi saja. Akan tetapi sudah berkembang lebih jauh ke sisi bisnis. Seperti pengembangan perdagangan. Sekarang para penjual produk atau jasa dapat memasarkan atau bahkan menjual produknya melalui jaringan elektronik yang mendunia saat ini, dan terbukti efektif.
PEMBAHASAN
Perdagangan melalui jaringan elektronik sebagai penggunaan komputer untuk memudahkan semua operasi perusahaan. Banyak operasi itu bersifat internal ; dilakukan dalam perusahaan oleh bidang fungsional keuangan, manufaktur, pemasaran, SDM dan jasa informasi.Beberapa operasi lain mencakup hubungan perusahaan dengan kedelapan elemen lingkungan.
1. Perdagangan melalui Jaringan Elektronik
- Manfaat perdagangan melalui jaringan elektronik1.1.1 Pelayanan Pelanggan yang lebih baik.1.1.2 Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebihbaik.
1.1.3 Pengembangan atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat. - Kendala perdagangan melalui jaringan elektronik1.2.1 Biaya tinggi.1.2.2 Masalah keamanan.1.2.3 Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia.
- Jalan menuju perdagangan melalui jaringan elektronik1.3.1 Mengumpulkan intelijen bisnis.1.3.2 Membentuk suatu sistem antar-organisasi (IOS).
2. Strategi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
- Sistem antar dagang (IOS)Suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai satu sistem tunggal; yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis.2.1.1 Manfaat IOSPara mitra dagang ikut dalam IOS dengan harapan memperoleh manfaat tertentu. Manfaat itu adalah :
- Efisiensi komparatif ; dengan bergabung dalam IOS, para mitra dagang dapat menyediakan barang dan jasa mereka dengan biaya yang lebih murah daripada pesaing mereka. Perbaikan dalam efisiensi ini dapat berasal dari dalam dan berkaitan dengan organisasi lain.
- Efisiensi internal, terdiri dari perbaikan-perbaikan dalam operasi itu sendiri sehingga memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data lebih cepat, menganalisis lebih cepat dan membuat keputusan lebih cepat.
- Efisiensi antar-organisasi, mencakup perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerja sama dengan perusahaan lain.
- Kekuatan tawar menawar ; kemampuan suatu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan pelanggannya yang menguntungkan dirinya.Kepuasan itu berasal dari 3 metode dasar :
Keistimewaan produk yang unik.
Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian.
Peningkatan biaya peralihan.
2.2 Pertukaran data elektronik
Adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari komputer ke komputer diantara beberapa perusahaan.
3. Teknologi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
3.1 Sambungan langsung , perusahan dapat membentuk jaringan komunikasi data dengan para mitra dagangnya dengan menggunakan sirkuit yang disediakan oleh penyedia telekomunikasi umum.
3.2 Jaringan bernilai tambah , disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
3.3 Internet , memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.
Sumber dan referensi :
- http://betty_yudha.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/14867/BAB+6+Perdagangan+Melalui+Jaringan+Elektronik.doc
- http://ebisnis.wordpress.com/materi/e-operasional-resource-management/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar