24 Jun 2015

Teknik-Teknik Estimasi

1. Keputusan Profesional
Keputusan profesional dalam teknik estimasi adalah, jika anda seorang yan ahli membuat Report Generation Modules, anda dapat melakukannya dengan merancang report tersebut lalu memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan programmer membuat program tersebut.
Setelah memberikan rancangan pada programmer, maka programmer akan memperkirakan selama beberapa menit, kemudian ia akan mengatakan berapa hari yang harus dia perlukan untuk membuat program atau system tersebut,

Keuntungan dari teknik ini adalah cepat , dan jika seseorang sudah ahli dalam teknik ini, maka estimasinya pasti akan lebih akurat. Sedangkan kerugian dari teknik ini adalah bahwa anda membutuhkan seorang ahli yang berpengalaman dalam bidang ini, dan beberapa ahli tersebut akan bekerja keras untuk mendapatkan estimasi yang tepat.Pengelolaan Proyek Sistem Informasi

2. Sejarah
Harus mempelajari serta memahami sejarah berapa lama masing-masing tugas dapat diselesaikan dan siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut. Anda bisa membandingkan tugas yang akan diestimasikan dengan tugas yang sama yang dikerjakan jauh lebih dulu, setelah itu mulailah dengan melakukan estimasi.

Hal ini dimaksudkan agar anda menjabarkan suatu proyek ke dalam beberapa tugas yang biasanya diulang dan mudah untuk dibandingkan.

3. Rumus-rumus
Software yang baik untuk diketahui adalah COCOMO. COCOMO atau Constructive Cost Model adalah model algoritma estimasi biaya perangkat lunak yang dikembangkan oleh Barry Boehm pada tahun 1981. Model ini menggunakan dasar regresi formula, dengan parameter yang berasal dari data historis dan karakteristik proyek-proyek saat ini.
Berikut ini merupakan rumus dasar dari COCOMO :

Keterangan :
E : Besarnya usaha
D : Lama waktu pengerjaan
P : Jumlah orang yang diperlukan

KLOC : Estimasi jumlah baris yang diperlukan



Sumber :

Tidak ada komentar: