13 Jan 2011

Install Aplikasi di Ubuntu

Buat temen-temen yang mau coba atau jajal ubuntu di PC atau di laptop kesayanganya mungkin bingung atau belum tau gimana cara install aplikasi di ubuntu. Mungkin karena sudah terbiasa dengan fitur dobel klik yang biasa ada di wedus. Hanya dua kali klik aplikasi yang diinginkan sudah terpasang. Di ubuntu juga ada aplikasi seperti itu (yang hanya langsung dobel klik dan otomatis terpasang), namun ada juga aplikasi ubuntu yang proses pemasangannya via terminal (bukan stasiun atau pangkalan ya ). Pertama, sobat blogger harus tau dulu apa yang dimaksud terminal di ubuntu sendiri.
Ya, mungkin sederhananya menurut saya begini. Terminal merupakan sebuah CLI (Command Line Interface) atau perintah yang berbasiskan teks. Lewat terminal ini kita dapat melakukan segala hal seperti
contohnya menginstal aplikasi. Disini tidak akan dibahas mengenai apa itu terminal, tapi kita akan membahas bagaimana cara menginstal aplikasi di ubuntu via terminal.
Pertama-tama dan yang paling utama, kita siapkan aplikasi apa yang akan kita pasang. Kodenya seperti ini :
$sudo apt-get install (nama aplikasi)
Untuk nama aplikasinya silahkan isi aplikasi apa yang mau sobat blogger install di PC atau laptop. dan kurang lebih screen shotnya saya cantumkan seperti ini 
apt-get install di terminal
Setelah itu hanya tinggal klik Y untuk melanjutkan proses pemasangan. Dan untuk melepasnya atau meremove aplikasi, tinggal ketikkan code berikut :
$sudo apt-get autoremove (nama aplikasi)
Terakhir dari saya, selamat mencoba.

Tidak ada komentar: